Senin, 06 Mei 2013

proposal PI BAB 1


BAB 1
 PENDAHULUAN

1.1    LATAR BELAKANG

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan tehknologi semakin pesat, persaingan dalam bidang usaha pun kian gencar . banyaknya bidang usaha khusus nya dalam jasa berlomba lomba meningkatkan kualitas perusahaan agar dapat meraih pangsa pasar dan konsumen. Semakin maju ekonomi suatu negara tentu didukung tumbuhnya industri layanan pengiriman barang (logistik). Jadi meski mesin-mesin ekonomi sudah terotomatisasi dengan menggunakan teknologi informasi yang canggih namun distribusi barang tetap membutuhkan pemindahan (transportasi) secara fisik. Dahulu ada yang memprediksikan bahwa di milenium ini ada 3 industri yang akan semakin berjaya, yaitu : Transportasi, Tourism dan Telekomunikasi. Dan ternyata pendapat itu benar adanya. Trio industri itu disingkat menjadi industri 3T.

Perkembangan dunia usaha dewasa ini menuntut perkembangan di berbagai bidang, terutama transportasi sehingga menimbulkan banyak usaha dibidang jasa pengiriman barang atau yang disebut freight forwarder dimana pengiriman barang dapat dilakukan  dalam waktu yang cepat dan lebih mudah .Perkembangan usaha khusus nya dalam bidang jasa sangat berpengaruh di bidang ekonomi .sehingga banyaknya layanan jasa yang diberikan hanya untuk memberi kemudahan kepada masyarakat . dalam bidang ekonomi identik dengan system jual beli yang diharapkan dapat berkembang dan menghasilkan laba serta kepuasan konsumen.bukan hanya produk jasa pun menjadi salah satu peluang bisnis dan usaha yang dinilai  menguntungkan .

Kegiatan bisnis perusahaan swasta dalam jasa pengiriman surat, paket, atau barang (logistik) sepertinya sudah mengepung kegiatan usaha PT Pos Indonesia. Banyak bertumbuh bisnis serupa bahkan di antaranya sudah menjadi sebuah perusahaan franchise.
Salah satu contohnya adalah JNE.
Untuk membuka sendiri usaha jasa kurir memang sangat rumit dan membutuhkan investasi yang besar termasuk membangun jaringan hingga ke daerah-daerah. Namun bukan berarti tidak tertutup peluang untuk ikut berkiprah di industri jasa pengiriman/kurir tersebut. Menjadi agen jasa kurir adalah salah satu solusinya karena mudah persyaratan dan murah modal investasinya. Saat ini memang banyak perusahaan jasa kurir baik yang asli lokal hingga yang berafiliasi dengan perusahaan kurir manca negara.
Dalam memilih mitra usaha jasa kurir ini salah satu pertimbangannya adalah brand/merk. Nama perusahaan induk jasa kurir ini akan menentukan segmen yang akan disasar karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan harga jasa kirim barang. Persyaratan untuk menjadi agen juga biasanya akan lebih njlimet bila si pemilik merk adalah sebuah perusahaan kurir yang sudah ternama. Untuk perusahaan jasa kurir seperti Tiki JNE mensyaratkan untuk melampirkan syarat ijin usaha, seperti: NPWP, SIUP, Surat keterangan domisili usaha dsb. 
  kepuasan konsumen adalah perasaan puas yang dirasakan konsumen atas jasa yang kita berikan dari mulai fasilitas dan kinerja yang baik .Banyaknya jasa pengiriman barang saat ini cukup membantu masyarakat yang ingin menemukan layanan jasa pengiriman sesuai dengan keinginan berdasarkan harga ,waktu atau lama pengiriman,tujuan pengiriman barang,jenis barang yang dikirim dan nama perusahaan jasa pengiriman . dalam rangka menghadapi persaingan yang demikian pesatnya dalam bisnis jasa ini dibutuhkan fasilitas yang dapat memberikan kepuasan terhadap layanan jasa tersebut.semakin bagus dan memuaskan kinerja suatu jasa di percaya akan mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan dalam mendirikan usaha tersebut  .

Dalam hal ini penulis akan mencoba meneliti seberapa puaskah konsumen akan kualitas dan kinerja pada salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yaitu ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA PENGIRIMAN BARANG JNE CABANG BINTARA JAYA 2 .

1.2      Rumusan Masalah dan batsan masalah

1.2.1 Rumusan masalah
dalam penulisan ilmiah ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut : 
1.         Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan kinerja yang telah diberikan
2.      Apa saja fasilitas dan layanan jasa pengiriman barang “jne cabang bintara jaya 2”
           Yang diberikan kepada konsumen?


1.2.2  Batasan masalah
Penelitian ini dibatasi bagaimana jasa pengiriman barang memberikan solusi dan fasilitas jasa kepada konsumen dan  mengetahui tingkat kepuasan konsumen kepada pelayanan yang diberikan oleh layanan jasa pengiriman barang pada jne cabang bintara jaya 2 dengan cara memberikan kuisoner terhadap 100 responden pada tanggal 1 Mei  sampai tanggal 7 2013 . dengan menggunakan metode chi square dan analisis skala likert .


     1.3 Tujuan Penelitian

·         Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Jne Cabang Bintara Jaya 2 .
·         Mengetahui tentang fasilitas yang diberikan jasa pengiriman barang jne bintara jaya 2 .

      1.4 Manfaat penelitian

dari penelitian yang dilakukan di jne cabang bintara jaya 2 bekasi dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
1.      Manfaat akademis
Sebagai bentuk pengembangan ilmu serta wawasan tentang prilaku konsumen dan strategi persaingan usaha dan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian dalam bidang yang sama .

2.      Manfaat umum
Memberikan informasi tentang pelayanan jasa yang diinginkan oleh konsumen .

1.5  Metode penelitian

     1.5.1 Objek penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah jne cabang bintara jaya 2 . jl bintara jaya raya no 1. Bintara  2 bekasi barat .

1.5.2 Data / variable
Data primer data yang dikumpulkan secara langsung untuk tujuan penelitian saat ini .
Sedangkan data sekunder adalah data  data yang diperoleh atau dikumpulkan dari berbagai sumber yang telah ada .

1.5.3 Metode pengumpulan data
Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan cara field research (penelitian lapangan ) dengan menggunakan beberapa metode antara lain :
1.      Wawancara
Pengumpulan data informasi yang dilakukan secara langsung dengan nara sumber yang akan diwawancarai .
2.      Observasi
Pengamatan secara langsung pada objek yang sedang diteliti untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan .



3.      Kuisioner
Pengumpulan data dengan cara menyerahkan atau mebagikan pertanyaan berupa angket kepada responden untuk diisi yang berguna untuk mendapatkan data yang diinginkan .


1.5.4 hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi,hipotesis juga merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah .
 Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu :
Ho : pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan jasa pengiriman barang jne cabang bintara jaya 2 .
Ha: pelanggan merasa puas terhadap pelayanan jasapengiriman barang jne cabang bintara jaya 2  .

0 komentar:

Posting Komentar