BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Dalam era globalisasi
seperti sekarang ini kemajuan tehknologi semakin pesat, persaingan dalam bidang
usaha pun kian gencar . banyaknya bidang usaha khusus nya dalam jasa berlomba
lomba meningkatkan kualitas perusahaan agar dapat meraih pangsa pasar dan
konsumen. Semakin maju ekonomi suatu negara tentu didukung tumbuhnya industri
layanan pengiriman barang (logistik). Jadi meski mesin-mesin ekonomi sudah
terotomatisasi dengan menggunakan teknologi informasi yang canggih namun
distribusi barang tetap membutuhkan pemindahan (transportasi) secara fisik.
Dahulu ada yang memprediksikan bahwa di milenium ini ada 3 industri yang akan
semakin berjaya, yaitu : Transportasi, Tourism dan Telekomunikasi. Dan ternyata
pendapat itu benar adanya. Trio industri itu disingkat menjadi industri 3T.
Perkembangan dunia
usaha dewasa ini menuntut perkembangan di berbagai bidang, terutama
transportasi sehingga menimbulkan banyak usaha dibidang jasa pengiriman barang
atau yang disebut freight forwarder dimana pengiriman barang dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan lebih mudah .Perkembangan
usaha khusus nya dalam bidang jasa sangat berpengaruh di bidang ekonomi .sehingga
banyaknya layanan jasa yang diberikan hanya untuk memberi kemudahan kepada
masyarakat . dalam bidang ekonomi identik dengan system jual beli yang
diharapkan dapat berkembang dan menghasilkan laba serta kepuasan konsumen.bukan
hanya produk jasa pun menjadi salah satu peluang bisnis dan usaha yang
dinilai menguntungkan .
Kegiatan bisnis perusahaan swasta
dalam jasa pengiriman surat, paket, atau barang (logistik) sepertinya sudah
mengepung kegiatan usaha PT Pos Indonesia. Banyak bertumbuh bisnis serupa
bahkan di antaranya sudah menjadi sebuah perusahaan franchise.
Salah satu contohnya adalah JNE. Untuk membuka sendiri usaha jasa kurir memang sangat rumit dan membutuhkan investasi yang besar termasuk membangun jaringan hingga ke daerah-daerah. Namun bukan berarti tidak tertutup peluang untuk ikut berkiprah di industri jasa pengiriman/kurir tersebut. Menjadi agen jasa kurir adalah salah satu solusinya karena mudah persyaratan dan murah modal investasinya. Saat ini memang banyak perusahaan jasa kurir baik yang asli lokal hingga yang berafiliasi dengan perusahaan kurir manca negara.
Salah satu contohnya adalah JNE. Untuk membuka sendiri usaha jasa kurir memang sangat rumit dan membutuhkan investasi yang besar termasuk membangun jaringan hingga ke daerah-daerah. Namun bukan berarti tidak tertutup peluang untuk ikut berkiprah di industri jasa pengiriman/kurir tersebut. Menjadi agen jasa kurir adalah salah satu solusinya karena mudah persyaratan dan murah modal investasinya. Saat ini memang banyak perusahaan jasa kurir baik yang asli lokal hingga yang berafiliasi dengan perusahaan kurir manca negara.
Dalam memilih mitra usaha jasa kurir
ini salah satu pertimbangannya adalah brand/merk. Nama perusahaan induk jasa
kurir ini akan menentukan segmen yang akan disasar karena akan berpengaruh
terhadap kualitas dan harga jasa kirim barang. Persyaratan untuk menjadi agen
juga biasanya akan lebih njlimet bila si pemilik merk adalah sebuah perusahaan
kurir yang sudah ternama. Untuk perusahaan jasa kurir seperti Tiki JNE
mensyaratkan untuk melampirkan syarat ijin usaha, seperti: NPWP, SIUP, Surat
keterangan domisili usaha dsb.
kepuasan
konsumen adalah perasaan puas yang dirasakan konsumen atas jasa yang kita
berikan dari mulai fasilitas dan kinerja yang baik .Banyaknya jasa pengiriman
barang saat ini cukup membantu masyarakat yang ingin menemukan layanan jasa
pengiriman sesuai dengan keinginan berdasarkan harga ,waktu atau lama
pengiriman,tujuan pengiriman barang,jenis barang yang dikirim dan nama
perusahaan jasa pengiriman . dalam rangka menghadapi persaingan yang demikian
pesatnya dalam bisnis jasa ini dibutuhkan fasilitas yang dapat memberikan
kepuasan terhadap layanan jasa tersebut.semakin bagus dan memuaskan kinerja
suatu jasa di percaya akan mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan dalam
mendirikan usaha tersebut .
Dalam hal ini penulis
akan mencoba meneliti seberapa puaskah konsumen akan kualitas dan kinerja pada
salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yaitu ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP JASA PENGIRIMAN BARANG JNE CABANG BINTARA JAYA 2 .
1.2
Rumusan
Masalah dan batsan masalah
1.2.1
Rumusan masalah
dalam
penulisan ilmiah ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen
terhadap pelayanan dan kinerja yang telah diberikan
2. Apa
saja fasilitas dan layanan jasa pengiriman barang “jne cabang bintara jaya 2”
Yang diberikan kepada konsumen?
1.2.2 Batasan masalah
Penelitian ini dibatasi
bagaimana jasa pengiriman barang memberikan solusi dan fasilitas jasa kepada
konsumen dan mengetahui tingkat kepuasan
konsumen kepada pelayanan yang diberikan oleh layanan jasa pengiriman barang pada
jne cabang bintara jaya 2 dengan cara memberikan kuisoner terhadap 100
responden pada tanggal 1 Mei sampai
tanggal 7 2013 . dengan menggunakan metode chi square dan analisis skala likert
.
1.3 Tujuan Penelitian
·
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Jne Cabang Bintara Jaya 2 .
·
Mengetahui tentang fasilitas yang
diberikan jasa pengiriman barang jne bintara jaya 2 .
1.4 Manfaat penelitian
dari penelitian yang dilakukan di jne
cabang bintara jaya 2 bekasi dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
1. Manfaat
akademis
Sebagai bentuk pengembangan ilmu serta
wawasan tentang prilaku konsumen dan strategi persaingan usaha dan dapat
menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian dalam bidang
yang sama .
2. Manfaat
umum
Memberikan informasi
tentang pelayanan jasa yang diinginkan oleh konsumen .
1.5 Metode penelitian
1.5.1 Objek
penelitian
Objek penelitian dalam
penulisan ilmiah ini adalah jne cabang bintara jaya 2 . jl bintara jaya raya no
1. Bintara 2 bekasi barat .
1.5.2 Data / variable
Data primer data yang
dikumpulkan secara langsung untuk tujuan penelitian saat ini .
Sedangkan
data sekunder adalah data data yang diperoleh
atau dikumpulkan dari berbagai sumber yang telah ada .
1.5.3 Metode pengumpulan data
Dalam
proses pengumpulan data penulis menggunakan cara field research (penelitian
lapangan ) dengan menggunakan beberapa metode antara lain :
1. Wawancara
Pengumpulan data informasi yang
dilakukan secara langsung dengan nara sumber yang akan diwawancarai .
2. Observasi
Pengamatan secara langsung pada objek
yang sedang diteliti untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pelanggan .
3. Kuisioner
Pengumpulan data dengan cara menyerahkan
atau mebagikan pertanyaan berupa angket kepada responden untuk diisi yang
berguna untuk mendapatkan data yang diinginkan .
1.5.4
hipotesis
Hipotesis adalah pernyataan atau dugaan mengenai
satu atau lebih populasi,hipotesis juga merupakan jawaban sementara terhadap
rumusan masalah .
Hipotesis
yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu :
Ho : pelanggan merasa tidak puas terhadap pelayanan
jasa pengiriman barang jne cabang bintara jaya 2 .
Ha: pelanggan merasa puas terhadap pelayanan
jasapengiriman barang jne cabang bintara jaya 2 .
0 komentar:
Posting Komentar