Tugas kelompok sofstskill bahasa inggris bisnis 2
Nama :
Andreas Kevin (10210738)
Gita anggeliya (19210806)
Shenna Angelina adam ( )
1. TOEFL
PENGERTIAN TOEFL
TOEFL adalah
singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris
sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat
yang bernama ETS ( Educational Testing Service ). TOEFL ini penting untuk
teman-teman yang ingin belajar atau menuntut ilmu untuk bersekolah di luar
negeri. TOEFL ini merupakan indikator untuk memastikan teman-teman yang berasal
bukan dari negara yang menggunakan bahasa Inggris, agar dapat mengikuti
perkuliahan dengan baik di negara yang menggunakan bahasa Inggris. TOEFL ini
digunakan untuk memastikan :
Memastikan bahwa
mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris
(listening skill).
Mahasiswa
memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
Mahasiswa mampu
membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar
skill).
Untuk dapat
diterima di negara-negara Barat, calon mahasiswa harus memiliki standar nilai
TOEFL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing universitas di negara-negara
Barat tersebut. Misalnya TOEFL score minimal untuk negara-negara di Eropa
adalah 500 (minimum), TOEFL score untuk di Australia adalah 500 (minimum),
sedangkan TOEFL score untuk negara-negara di Amerika adalah disyaratkan 550
(minimum).
PERLUASAN
PENGGUNAAN & PERKEMBANGAN TOEFL
Seiring
perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa
Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan
TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam
negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan
digunakan juga untuk:
Persyaratan bagi
penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan
swasta.
Syarat penerimaan
mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
Syarat pengajuan
beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.
TOEFL sendiri
sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS.
Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :
1. TOEFL Paper
Based Test
Terdiri atas 3
section :
Listening,
Structure, and Reading.
Maximum Score :
677.
2. TOEFL Computer
Based Test
Terdiri dari 4
Section :
Listening,
Structure,Reading, Writing.
Maximum Score :
300.
3. TOEFL Internet
Based Test
Terdiri dari 4 section
:
Listening,
Reading, Writing, Speaking.
Maximum score :
120.
Untuk keperluan
pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga
pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP
(Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP
tidak berbeda dengan Paper Based Test TOEFL maupun Computer Based Test TOEFL,
karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL
yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh
mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh
dari TOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas.
Perguruan tinggi
di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper Based
Test TOEFL atau Computer Based Test TOEFL. Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL
Prediction yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang
“sebelum” yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper Based Test
TOEFL, Computer Based Test TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini
pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga atau pusat bahasa atau tempat-tempat
kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.
(http://asharemore.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-kegunaan-test-toefl-test.html)
2. TEFL
DEFINISI
TEFL
Mengajar
Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (TEFL) mengacu pada pengajaran bahasa
Inggris kepada siswa yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris. TEFL biasanya
terjadi di negara siswa sendiri, baik dalam sistem sekolah negeri, atau pribadi
di sekolah setelah jam-bahasa atau dengan tutor. Guru TEFL mungkin penutur asli
atau non-asli bahasa Inggris.
TEKNIK MENGAJAR
•Reading
TEFL yang menggunakan sastra yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja meningkat popularitasnya . Literatur berorientasi pemuda menawarkan bahan sederhana ( " pembaca disederhanakan " diproduksi oleh penerbit besar ) , dan sering memberikan gaya yang lebih percakapan dari sastra untuk orang dewasa . Sastra anak-anak pada khususnya kadang-kadang memberikan isyarat halus untuk pengucapan , melalui berima dan kata lain bermain . Salah satu metode untuk menggunakan buku-buku ini adalah teknik multiple -pass . Instruktur membaca buku , berhenti sering untuk menjelaskan kata-kata dan konsep-konsep tertentu . Pada pass kedua , instruktur membaca buku sepenuhnya melalui tanpa henti.
•Pengajaran Bahasa Komunikatif
Komunikatif pengajaran bahasa ( CLT ) menekankan interaksi baik sebagai sarana dan tujuan akhir dari belajar bahasa . Meskipun sejumlah kritik , terus menjadi populer , terutama di Jepang , Taiwan , dan Eropa .
Berbasis tugas belajar bahasa ( TBLL ) pendekatan CLT telah memperoleh tanah dalam beberapa tahun terakhir . Para pendukung percaya CLT penting untuk mengembangkan dan meningkatkan berbicara , menulis, mendengarkan , dan keterampilan membaca , dan bahwa mencegah siswa hanya mendengarkan secara pasif kepada guru tanpa interaksi . Dogme adalah pendekatan komunikatif yang sama yang mendorong mengajar tanpa buku teks yang diterbitkan , tetapi sebaliknya berfokus pada komunikasi percakapan antara peserta didik dan guru
TEFL yang menggunakan sastra yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja meningkat popularitasnya . Literatur berorientasi pemuda menawarkan bahan sederhana ( " pembaca disederhanakan " diproduksi oleh penerbit besar ) , dan sering memberikan gaya yang lebih percakapan dari sastra untuk orang dewasa . Sastra anak-anak pada khususnya kadang-kadang memberikan isyarat halus untuk pengucapan , melalui berima dan kata lain bermain . Salah satu metode untuk menggunakan buku-buku ini adalah teknik multiple -pass . Instruktur membaca buku , berhenti sering untuk menjelaskan kata-kata dan konsep-konsep tertentu . Pada pass kedua , instruktur membaca buku sepenuhnya melalui tanpa henti.
•Pengajaran Bahasa Komunikatif
Komunikatif pengajaran bahasa ( CLT ) menekankan interaksi baik sebagai sarana dan tujuan akhir dari belajar bahasa . Meskipun sejumlah kritik , terus menjadi populer , terutama di Jepang , Taiwan , dan Eropa .
Berbasis tugas belajar bahasa ( TBLL ) pendekatan CLT telah memperoleh tanah dalam beberapa tahun terakhir . Para pendukung percaya CLT penting untuk mengembangkan dan meningkatkan berbicara , menulis, mendengarkan , dan keterampilan membaca , dan bahwa mencegah siswa hanya mendengarkan secara pasif kepada guru tanpa interaksi . Dogme adalah pendekatan komunikatif yang sama yang mendorong mengajar tanpa buku teks yang diterbitkan , tetapi sebaliknya berfokus pada komunikasi percakapan antara peserta didik dan guru
• Belajar Blended
Blended learning adalah kombinasi pengajaran dan interaksi secara online face-to - face ( juga dikenal sebagai PANGGILAN atau pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer ) , dicapai melalui lingkungan belajar virtual ( VLE ) .
Blended learning adalah kombinasi pengajaran dan interaksi secara online face-to - face ( juga dikenal sebagai PANGGILAN atau pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer ) , dicapai melalui lingkungan belajar virtual ( VLE ) .
VLEs
telah menjadi titik pertumbuhan utama dalam industri ELT selama lima tahun
terakhir. Ada dua jenis :
• platform eksternal host bahwa sekolah atau lembaga ekspor konten untuk ( misalnya, proprietary Tools Web Course , atau open source Moodle )
• Content - disediakan , platform pembelajaran kursus yang dikelola ( misalnya Kampus Macmillan English )
Mantan menyediakan struktur pra-desain dan alat-alat , sedangkan yang kedua mendukung program pembangunan oleh bahasa sekolah - guru dapat berbaur program yang ada dengan permainan , kegiatan , mendengarkan latihan , dan unit referensi tata bahasa yang terkandung online. Hal ini mendukung kelas , belajar-sendiri atau praktek terpencil ( misalnya di warnet ).
• platform eksternal host bahwa sekolah atau lembaga ekspor konten untuk ( misalnya, proprietary Tools Web Course , atau open source Moodle )
• Content - disediakan , platform pembelajaran kursus yang dikelola ( misalnya Kampus Macmillan English )
Mantan menyediakan struktur pra-desain dan alat-alat , sedangkan yang kedua mendukung program pembangunan oleh bahasa sekolah - guru dapat berbaur program yang ada dengan permainan , kegiatan , mendengarkan latihan , dan unit referensi tata bahasa yang terkandung online. Hal ini mendukung kelas , belajar-sendiri atau praktek terpencil ( misalnya di warnet ).
•kelas online
Kemajuan teknologi memungkinkan untuk mendapatkan kualifikasi TEFL online. Siswa dapat mendaftarkan diri ke dalam kelas online yang diakreditasi oleh organisasi seperti Accreditat . Perlu dicatat bahwa tidak ada badan akreditasi menyeluruh tunggal untuk TEFL . [ 5 ] Bahan pelajaran dibagi menjadi modul . Mahasiswa mengambil satu atau beberapa tes per modul belajar. Dukungan ditangani oleh tutor , yang dapat dihubungi melalui email. Setelah berhasil menyelesaikan modul terakhir siswa diberikan sertifikat . Muncul dalam bentuk digital atau dapat dikirimkan ke alamat siswa . Mendapatkan sertifikat tersebut dapat bermanfaat dalam banyak cara . Siswa bisa mendapatkan gaji yang lebih besar atau mengajar bahasa Inggris di luar negeri .
Kemajuan teknologi memungkinkan untuk mendapatkan kualifikasi TEFL online. Siswa dapat mendaftarkan diri ke dalam kelas online yang diakreditasi oleh organisasi seperti Accreditat . Perlu dicatat bahwa tidak ada badan akreditasi menyeluruh tunggal untuk TEFL . [ 5 ] Bahan pelajaran dibagi menjadi modul . Mahasiswa mengambil satu atau beberapa tes per modul belajar. Dukungan ditangani oleh tutor , yang dapat dihubungi melalui email. Setelah berhasil menyelesaikan modul terakhir siswa diberikan sertifikat . Muncul dalam bentuk digital atau dapat dikirimkan ke alamat siswa . Mendapatkan sertifikat tersebut dapat bermanfaat dalam banyak cara . Siswa bisa mendapatkan gaji yang lebih besar atau mengajar bahasa Inggris di luar negeri .
KUALIFIKASI UNTUK GURU TEFL
Persyaratan
kualifikasi bervariasi dari satu negara ke negara dan kalangan pengusaha di
negara yang sama . Dalam banyak lembaga adalah mungkin untuk mengajar tanpa
gelar atau sertifikat mengajar . Beberapa lembaga akan menganggap perlu untuk
menjadi pembicara asli dengan MA TESOL . Sebuah gelar sarjana dalam bahasa
Inggris dan sastra juga bisa menjadi nilai , karena memang bisa salah gelar
spesialis . Lembaga lain mempertimbangkan bukti kemampuan bahasa Inggris , gelar
Universitas dan kualifikasi mengajar dasar untuk menjadi lebih dari cukup.
Namun, tingkat kualifikasi akademik tidak perlu kualifikasi yang paling penting
, karena banyak sekolah akan lebih tertarik pada keterampilan interpersonal
Anda . Untuk pelatih yang ingin memasuki bidang akademik , publikasi dapat
menjadi sama pentingnya dengan kualifikasi , terutama jika mereka berhubungan
dengan penggunaan bahasa Inggris di bidang Anda . Dimana ada permintaan yang
tinggi untuk guru dan tidak ada persyaratan hukum , pengusaha dapat menerima
calon dinyatakan tidak memenuhi syarat . Setiap negara berbeda , dan penerimaan
tergantung pada permintaan untuk guru bahasa Inggris dan pengajaran dan
kehidupan sebelumnya pengalaman guru .
Sebagai aturan umum sekolah akan cenderung memilih
kualifikasi yang melibatkan sejumlah besar pengajaran dinilai : sering
dikatakan bahwa " Belajar mengajar tanpa kelas praktek adalah seperti
belajar mengemudi tanpa pernah menghadapi lalu lintas " kursus pendek dan
kursus online . sering kekurangan dinilai praktik mengajar . Pembuat Course
telah mengetahui dan telah mulai memperkenalkan program TEFL gabungan yang
memiliki unsur pengajaran yang dinilai .
Beberapa fasilitas pendidikan kini menawarkan dua atau
tiga sertifikat yang didefinisikan dengan baik bukan satu sertifikat umum .
Sebagai contoh, ILT ( Pengantar Pengajaran Bahasa ) - 40 jam , PLT ( Praktek
Pelatihan Bahasa ) - 30 jam , dan Melek - 30 jam .
Sekolah bahasa swasta cenderung membutuhkan setidaknya sertifikat berdasarkan berhasil menyelesaikan kursus yang terdiri dari minimal 100 jam . Program besar seperti EPIK akan menawarkan gaji yang lebih tinggi kepada para guru yang telah menyelesaikan setiap TEFL Course , online atau sebaliknya , asalkan program memenuhi persyaratan minimum 100 jam . Kursus TEFL berbasis internet yang berlaku umum di seluruh dunia , dan terutama di Asia , di mana pasar pekerjaan terbesar ada di China , Korea , Taiwan dan Jepang .
Sekolah bahasa swasta cenderung membutuhkan setidaknya sertifikat berdasarkan berhasil menyelesaikan kursus yang terdiri dari minimal 100 jam . Program besar seperti EPIK akan menawarkan gaji yang lebih tinggi kepada para guru yang telah menyelesaikan setiap TEFL Course , online atau sebaliknya , asalkan program memenuhi persyaratan minimum 100 jam . Kursus TEFL berbasis internet yang berlaku umum di seluruh dunia , dan terutama di Asia , di mana pasar pekerjaan terbesar ada di China , Korea , Taiwan dan Jepang .
Persyaratan
usia / jenis kelamin mungkin juga ditemui . Di beberapa negara di luar Eropa
dan Amerika , misalnya Timur Tengah , sekolah bisa menyewa laki-laki atas
perempuan atau sebaliknya . Dan mereka mungkin hanya mempekerjakan guru dalam
rentang usia tertentu ; biasanya antara 20 dan 40 tahun . Siapapun di bawah 19
mungkin dapat mengajar TEFL , tetapi biasanya hanya dalam situasi relawan ,
seperti sebuah kamp pengungsi .
3.
TOEIC
TOEIC
Sebenarnya TOEIC itusamaseperti TOEFL dan IELTS,
hanyasajakalau TOEIC lebihspesifikfungsinya. TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes keahlian
berbahasa inggris untuk orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris.TOEIC
itu sendiri terdiri dari 2 ujianya itu listening dan reading.
Range nilainya mulai dari 10 sampai 990. Tes TOEIC dapat mengukur kemampuan berbahasa
inggris untuk individu yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan
international.Nilai- nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi
dalam bahasa inggris dengan individu lainnya dalam komunikasi umum, termasuk di
lingkup pendidikan, bisnis, perdagangan, dan industry.Tes ini tidak memerlukan pengetahuan
khusus atau istilah yang tidak umum yang digunakan orang dalam aktivitasnya sehari-hari.Tes
TOEIC adalah tespilihanganda yang berlangsung selama dua jam yang terdiri dari
200 pertanyaan yang dibagimenjadiduasesi :
1.
Listening section: sesi ini menguji
seberapa baik kita dapat memahami pembicaraan dalam bahasa inggris. Sesi ini terdiri
dari dari 4 bagian dan berisi 100 pertanyaan yang diputar pada sebuah kaset atau
CD. Kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pada bermacam-macam
pertanyaan, dialog singkat, dan percakapan singkat yang direkam dalam bahasa inggris.
Total waktunya adalah 45 menit.
2.
Reading section: dalam sesi ini
akan terdapat 3 bagian yang menguji seberapa baik anda dapat memahami bacaan dalam
bahasa inggris. Kita akan membaca berbagai macam materi dan melakukan pengaturan
waktu secara pribadi dalammenjawab 100 pertanyaanberdasarkanisidarimateri yang
disediakanuntukkita. Total waktu nya adalah 75 menit.
Kita
akan menjawab pertanyaan tes ini dengan cara menghitamkan salah satu huruf
(A),(B),(C),(D) dengan pensil pada lembar jawaban yang terpisah. Walaupun waktu
yang tersedia diperkirakan selama dua jam, waktu tambahan memang diperlukan untuk
menyelesaikan daftar pertanyaan dan biodata peserta dalam lembar jawaban.Karenanya,
kita harus meluangkan menyiapkan kira-kira 2,5 jam untuk mengikuti tes ini.
Banyak sekali orang – orang dari berbagai institusi yang
mengikuti tes ini mulai dari :
1.
Karyawan
atau staf yang menggunakan bahasa inggris dalam berbagai lingkungan kerja seperti
kantor–kantor pemerintah, bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan internasional,
konferensi, dan program olahraga.
2.
Staf manajemen,
sales, dan karyawan bagian teknik dalam bisnis internasional, perdagangan dan
industry yang membutuhkan bahasa inggris dalampekerjaan mereka.
3.
Para
calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam bahasa inggris.
4.
Para
individu yang sedang mengikuti program pelatihan bahasa inggris atau pun kepentingan
pengajuan beasiswa dan visa keluar negeri.
5.
Para
pelajar atau mahasiswa untuk mengukur kemajuan dalam proses belajar, syarat kelulusan,
dan juga kelengkapan dalam memasuki dunia kerja.
Pertanyaannya adalah
kenapa kita harus mengikuti tesTOEIC ?jawabannya adalah tes TOEIC telah menjadi
pilihan bagi lebih dari 6 juta peserta tes setiap tahunnya dan diakui oleh
10.000 organisasi di dunia. Sebagai sebuah alat ukur yang akurat dan obyektif dalam
mengukur kemampuan berbahasa inggris, tes TOEIC ini akan memungkinkan kita untuk
:
1.
Membuktikan
tingkat kemampuan kita yang sebenarnya dalam berbahasa inggris.
2.
Memenuhi
persyaratan untuk jabatan baru dan atau promosi di dalam perusahaan.
3.
Penegasan/bukti
atas tingkat profesionalitas kita.
4.
Memonitor
perkembangan kita dalam berbahasa inggris.
5.
Mengatur
tujuan belajar.
6.
Melibatkan
perusahaan dalam memajukan kemampuan bahasa inggris kita.
0 komentar:
Posting Komentar